Sabtu, 29 Maret 2008

Huta Situmorang Sitohang

Membaca judul di atas Huta Situmorang Sitohang pasti banyak yang bertanya apa maksudnya, itu adalah nama Kampung saya di Pancurnatolu Pangaribuan. Mengapa sampai disebut Huta Situmorang Sitohang?.
Diawali dari kakek buyut saya Op. Marhadin yang merantau dari samosir ke pagaribuan, dia menjumpai marga-marga yang ada di Pangaribuan adalah marga-marga lontung, yakni Gultom, Nainggolan, Harianja, Pakpahan dan Sinaga. Untuk lebih mempererat diri terhadap penduduk lokal maka Kakek buyut memperkenalkan dirinya marga Situmorang yang juga adalah keturunan Lontung, marga sebenarnya adalah Sitohang. Rahasia marga asli kakek di simpan begitu lama sampai kepada Ayah saya sudah beranjak remaja dan kakek buyut sudah meninggal, rahasia marga asli kami diketahui. Tanpa sepengetahuan kakek saya, kakek buyut saya pernah berkunjung ke Palipi di Samosir untuk memberitahukan kepada saudara-saudara dekatnya tentang keturunannya. Ayah dan kakek saya yang begitu antusias untuk menyelidiki asal muasal kami suatu waktu berkunjung ke Palipi dan berjumpa dengan marga Sitohang yang menunjukkan Tarombo (Silsilah) miliknya. Betapa heran kakek dan Ayah saya yang menemukan bahwa nama mereka tertera di silsilah tersebut. Sungguhpun Kakek buyut tidak memberitahukan asal muasal kami secara langsung kepada keturunannya tetapi dari caranya Dia masih tetap menginginkan supaya asal usul kami tidak hilang. Akhirnya kami mengetahui dengan pasti dan jelas bahkan sebenarnya kami adalah Sitohang Uruk. Untuk tidak menghilangkan Sitohang dari kami sekeluarga maka huta/kampung yang diberikan kepada Kakek saya diberi nama Huta Situmorang Sitohang. Hari ini dengan mantap bila memperkenalkan diri saya katakan Sitohang bahkan anak bungsu saya Habel Harvestry Sitohang bila ditanya marga dia akan menjawab lantang Sitohang.

7 komentar:

Par Bintan mengatakan...

Saya sudah lama dengar cerita seperti ini. Sitohang yang menggunakan Situmorang sebagai marganya.

Suatu kali, saat saya berada di Singapura, saya menjumpai seorang boru Situmorang yang namanya saya dapat dari buku telepon lokal. Jika berada di suatu daerah lain, saya mempunyai kebiasaan melihat-lihat buku telepon lokal untuk sekedar cari tahun nama-nama yang mungkin saya kenal di daerah itu. Yang paling pertama-tama tentu mencari marga-marga Batak.

Setelah sampai di alamat mereka ini saya baru tahu bahwa namboru ini menikah dengan marga Samosir dan sudah menjadi warga negara Singapura sejak mereka menikah awal tahun 60an.

Dan alangkah terkejutnya saya, namboru itu kemudian bercerita bahwa dia sebenarnya adalah boru Sitohang dari Tarutung. Nama namboru ini di buku telpon adalah Saida Situmorang.

Harrison Sitohang mengatakan...

Buat Abang Par Bintan, Ito yang di singapore itu adalah ito kandung ompung saya, dan masuk dalam bagian cerita huta situmorang sitohang. Tgl 30 Maret Lalu ito berkunjung ke rumah saya di Batam, dan saya undang dia ke Acara Bona Toan Sitohang, tetapi mereka bilang sudah tertalu tua untuk berjalan-jalan. Saya harap Abang par bintan datang supaya kita lebih mengenal lagi. Thanx.

JoSitohang mengatakan...

Horas buat bang Harrison,
Salam kenal bang ya, Aku Johanes Sitohang di Tanjung Pinang.

Harrison Sitohang mengatakan...

Horas Appara, wauw senang kenalan sama Sitohang, oh ya.. sebagai info acara bona taon Sitohang di Martabe Cafe, 6 April 2008 dihadiri 350 orang, ada belasan keluarga Sitohang yang baru mendaftar. Alamatnya di mana Appara? saya sering ke TPI untuk lelang/tender proyek provinsi. so.. viva Sitohang!!!

JoSitohang mengatakan...

Seperti kata abang par bintan, internet sudah mempertemukan kita sitohang brotherhood :)Aku tinggal di bt.5 bawah dibelakang kurnia swalayan (Gak jauh kok dari tempat tinggal abang par bintan) aku kerja di kontraktor M/E, sekarang project di PLTD Sukaberenang utk Operation & Maintenance 7x2500KW Diesel Generator. Kalo main ke TPI mampirlah bang, Salam buat keluarga di batam.

Harrison Sitohang mengatakan...

Saya kontraktor sipil, and kerjasama dengan abang Kalper Sitohang, Sekretaris DPC PDIP Kota Batam.
Ok, next time wish meet you, horas.

denny sitohang mengatakan...

Horas Abangku!
Salam kenal, aku Denny Sitohang dari Medan. Aku udah baca blog abang ini. Bagus. Kalau ada waktu singgahlah ke dennysitohang.wordpress.com